S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date14 March 2017 10:18 am
ByAdmin is trator
Views25


Berita SHB

Mahasiswa SHB Beri Penyuluhan Kesehatan Senam Osteoporosis Aplikasi Perawatan Lansia

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Sebanyak sembilan mahasiswa STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto profesi Ners menggelar Stase Gerontik dengan memberikan penyuluhan kesehatan senam Osteoporosis dengan sasaran 60 orang lansia di aula Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Cilacap, Kamis (24/2). Rangkaian acara sendiri telah berlangsung sejak 20 Februari hingga 3 Maret lalu. 

Dosen pembimbing akademik kegiatan penyuluhan kesehatan Senam Osteoporosis, Dwi Novitasari S.Kep NS M.Sc kepada Radarmas mengatakan, tujuan mahasiswa melakukan praktik Profesi Ners yaitu untuk mempelajari cara melakukan asuhan keperawatan pada kelompok usia lanjut. Sementara manfaat untuk lansia dapat meningkatkan kekuatan otot, menurunkan nyeri persendian dan tulang serta meningkatkan peredaran darah ke anggota gerak atas dan bawah.

Tidak hanya Osteoporosis, dalam kegiatan selama kurang lebih 2 minggu tersebut, mahasiswa Stikes Harapan Bangsa Purwokerto juga memberikan asuhan keperawatan pada lansia dengan berbagai jenis masalah kesehatan lainnya mulai dari rematik, hipertensi, diabetes melitus, post stroke, imsonia dan penyakit lainnya. 

"Di dalam asuhan keperawatan ada edukasi untuk lansia terkait penyakitnya. Dibeberkan juga cara mengurangi efek penyakit, senam, membantu melakukan activity daily leaving, motivasi dan evaluasi," katanya.

Dirinya menjelaskan sesuai dengan UU.23 tahun 1992 (pasal 19) dijelaskan bahwa manusia lansia adalah seseorang yang karena usianya mengalami perubahan biologis, fisik, kejiwaan dan sosial. Perubahan ini akan memberikan pengaruh pada seluruh aspek kehidupan, termasuk kesehatannya. Oleh karena itu, kesehatan lansia perlu mendapat perhatian khusus dengan tetap dipelihara seoptimal mungkin dan ditingkatkan agar dapat hidup secara produktif sesuai dengan kemampuannya sehingga dapat ikut serta berperan aktif dalam pembangunan.

"Terimakasih kepada pengelola dan seluruh petugas panti yang telah bahu membahu bersama kami mensukseskan kegiatan ini," tutup dia. (yda/bdg) 

      





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu