S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date20 May 2016 1:38 pm
ByAdmin is trator
Views26


Berita SHB

Mahasiswa SHB Beri Edukasi Cuci Tangan yang Baik

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) menggaet Palm Kids Primary School Purwokerto dalam program edukasi tentang cuci tangan yang benar pada siswa Palm Kids. Sebagai salah satu sekolah tinggi di bidang kesehatan, SHB ingin memberikan banyak peran di lingkungan, khususnya untuk masyarakat Purwokerto dan sekitarya.

Para mahasiswa SHB mengunjungi Palm Kids untuk memberikan edukasi terkait cuci tangan yang benar, Kamis (12/5). Kegiatan penyuluhan kali ini termasuk dalam praktek mata kuliah Penyuluhan Kesehatan yang diterima oleh mahasiswa S1 Keperawatan semester enam. Beda dengan penyuluhan-penyuluhan yang selama ini dilakukan oleh mahasiswa, Palm Kids yang notabennya adalah sekolah internasional, karena ada siswa dari Singapura, Australia, Korea dan lokal yang berjumlah 131 anak, membuat cara penyampaiannya pun berbeda. Bhasa Inggris menjadi bahasa pengantar mahasiswa dalam menyampaikan materi ke anak-anak Palm Kids.

Koordinator Kegiatan, Berlian Kristanto, SPd mengatakan, Kegiatan penyuluhan ini mengambil tema Health Promotion and Health Education on Hand Washing. Tema yang diambil tentu sudah diselaraskan dengan terget kalangan. Palm Kids yang memiliki siswa yang masih anak-anak, membuat tema cuci tangan cukup cocok. Keaktifan anak-anak yang masih belajar dan bermain dengan semua hal disekelilingnya akan sangat tepat bila memberikan edukasi cara cuci tangan yag benar agar bisa meningkatkan kebersihan pada diri anak.

Menariknya lagi lanjut Lian, pemaparan materi dilakukan dengan bercerita dengan menggunakan boneka tangan. Hal ini untuk meningkatkan antusias anak-anak dalam memperhatikan penyampaian materi. Kegiatan dilanjutkan dengan memberitahukan mengajak anak-anak untuk mengikuti gerakan tari untuk langkah-langkah mencuci tangan. Praktek cuci tangan dilakukan setelah anak-anak menyanyikan lagu cuci tangan.

"Kalau dipaparkan secara biasa ya nanti anak-anak akan bosan, jadi dibuat semenarik mungkin," ungkapnya.

Palm Kids menjadi lahan baru bagi SHB dalam implementasi salah satu tri darma perguruan tinggi terkait pengabdian masyarakat. Mengenai kelanjutan program, Lian menyampaikan akan terus dilanjutkan sebagai salah satu program dari mahasiswa, malah kedepannya diharapkan akan sepenuhnya dijalankan oleh mahasiswa.

"Konsep kegiatan kan sudah dari mahasiswa, kami dosen menjadi penghubung dan mengawal, kedepan tentu akan lebih baik," pungkas Lian. (stw)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu