S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date20 February 2017 10:05 am
ByAdministrator
Views57



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Mahasiswa Prodi Kebidanan SHB Ikuti Ujian OSCA

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Sebanyak 48 mahasiswa semester 4 Prodi Kebidanan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto mengikuti Ujian Objective Struktured Clinical Assesment (OSCA), 7 hingga 8 Februari lalu di Laboratorium Kebidananan Stikes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto. 

Dosen Prodi Kebidanan D3 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Wilis Sukma N SST M Kes kepada Radarmas mengatakan, ada 7 stase mulai dari stase hamil, bersalin fisiologi, bersalin patologi, partograf, persiapan alat, nifas dan BBL yang harus mampu dikuasasi oleh seorang mahasiswa kebidanan. "Masing-masing stase waktunya 10 menit," katanya.

Wilis menjelaskan ujian OSCA dilakukan salah satunya untuk melihat kesiapan mahasiswa untuk turun ke lahan. Dan mulai Senin (13/2) mendatang, 48 mahasiswa tersebut sudah mulai turun ke lahan (PKK1) untuk melakukan praktik. Mahasiswa dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang 1 pada 13 Februari hingga 25 Maret dan gelombang kedua 27 Maret hingga 6 Mei. Rumah sakit yang dipakai yaitu RSUD Margono Soekardjo, RSUD Purbalingga dan RSUD Banjarnegara. Sementara untuk puskesmas semuanya berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara. 

"Mereka melakukan praktek di rumah sakit dan puskesmas. Setelah selesai praktek, mahasiswa pulang lagi ke kampus untuk melanjutkan kuliahnya," terang dia. 

Dirinya menambahkan, tujuan lain dari ujian OSCA yaitu sebagai alat ukur dari pemahaman ilmu pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang berhubungan dengan profesi kesehatan. OSCA juga dapat dijadikan sebagai umpan balik terhadap penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan sehingga harapanya setelah lulus nanti mahasiswa betul-betul kompeten terhadap ilmunya. (yda/bdg) 

     


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu