S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Date3 May 2018 9:15 am
ByAdministrator
Views159
PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Mahasiswa Keperawatan Jalani NCP Dissemination


Date3 May 2018 9:15 am
ByAdministrator
Views159

PURWOKERTO - Satu lagi program unggulan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) yang sudah dijalankan. SHB sangat menekankan pembelajaran Bahasa Inggris yang mumpuni bagi mahasiswanya, hal tersebut menjadi pembeda dengan STIKes manapun.

Nursing Care Plan (NCP)  Dissemination,  menjadi program paduan dari mata kuliah Gawat Darurat dan Bahasa Inggris di S1 Keperawatan untuk semester enam. Kegiatan ini dihitung sebagai Ujian Tengah Semester (UTS) pada kedua mata kuliah tersebut.

Ketua Penyelenggara NCP Dissemination, Fahmi Nur Aini S.S, M.Pd mengatakan, paduan dari dua mata kuliah ini menghasilkan program berupa pemaparan kasus dalam lingkup layanan gawat darurat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan Bahasa Inggris. 

SHB memiliki target untuk para alumnusnya dapat bersaing di dunia internasional, media Bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang akan digenjot.

"Kegiatan ini berjalan dengan baik, terbukti dengan antusias para audiens yang memberikan beberapa pertanyaan kepada presenter. Dan yang paling utama, mahasiswa aktif berbicara menggunakan bahasa Inggris selama event ini berlangsung," jelasnya.

Dia mengatakan, mahasiswa semester enam nanti akan praktik di rumah sakit di bagian layanan gawat darurat. Program ini sekaligus jadi pembekalan untuk mahasiswa. 

Dalam teknisnya, sekitar 122 mahasiswa dibagi beberapa kelompok dan diberikan kasus dalam lingkup gawat darurat. Mahasiswa lalu dituntut untuk menganalisa kasus yang terjadi dan memecahkannya. 

Hasil analisa akan dipresentasikan dihadapan dosen Bahasa Inggris dan dosen Keperawatan. Penggunaan Bahasa Inggris dilaksanakan mutlak selama presentasi, baik dari mahasiswa maupun dosen penguji.

Salah satu capaian yang diinginkan oleh para dosen adalah fasihnya mahasiswa dalam menangani kasus di gawat darurat nanti. Persiapan yang matang akan menghasilkan hasil yang maksimal. Disini mahasiswa juga dilatih dalam hal public speaking yeng tentu akan sangat diperlukan di dunia kerja nanti untuk menghadapi pasien maupun rekan kerja. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu