S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date2 May 2018 2:36 pm
ByAdmin is trator
Views21



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

LPPM STIKes Harapan Bangsa Evaluasi Hibah Pengabmas

PURWOKERTO - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto dalam aktivitasnya sehari-hari salah satunya adalah melakukan penerbitan jurnal publikasi ilmiah. 

Sebagai upaya menjaga terhadap mutu jurnal serta untuk mendapatkan penilaian yang tinggi, dibutuhkan adanya sistem pengelolaan jurnal berbasis elektronik (e-journal), yaitu Open Journal System (OJS)

Ketua LPPM  SHB Purwokerto, Ema Wahyuningrum SST MKes mengatakan, OJS meliputi seluruh aspek penerbitan jurnal online, dimulai dari pembuatan website hingga tugas operasional, seperti proses submisi penulis, peer review, pengeditan, publikasi, archives dan indek jurnal.

"Fungsi OJS membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun jurnal, termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberitahu pembaca, bantuan menggunakan koresponden, mengurangi biaya penerbitan jurnal, serta akses terbuka bagi pembaca," jelas Ema.

Dalam konteks ini, dirinya menganggap perlu adanya sosialisasi untuk OJS bagi dosen sebagai penulis maupun reviewer. Untuk tahun 2018 ini pihaknya melakukan evaluasi dua tahun sebelumnya yang sudah dilaksanakan seperti hibah penelitian Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) internal. 

"Motivasi para dosen untuk melakukan penelitian/pengabmas semakin meningkat karena selain kebutuhan juga sudah menjadi kebiasaan bahwa pengajaran/pendidikan harus ditunjang dari hasil penelitian dan harus disharekan ke masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu, pada tahun ini rencana akan dilaksanakan seminar dan call of paper tingkat nasional, workshop penulisan buku ajar dan pemberian insentif bagi dosen yang mampu mempublikasikan artikelnya di prosiding internasional, jurnal nasional terakreditasi. (ali)

  • LPPM

  • Prev/Next News




    © 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
    Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

    Menu