S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date10 October 2016 1:32 pm
ByAdministrator
Views77

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Sosok

Kurikulum Dasar Pendidikan Berkualitas - Suci Khasanah, S.Kep, NS, M.Kep


Date10 October 2016 1:32 pm
ByAdministrator
Views77

Kurikulum mengandung sekian banyak unsur konstruktif supaya pembelajaran berjalan dengan optimal. Sejumlah pakar kurikulum berpendapat bahwa jantung pendidikan berada pada kurikulum. Oleh karenanya, kurikulum dipandang oleh Dosen dan Ketua Lembaga Penjamin Kuliah STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, Suci Khasanah, S.Kep, NS, M.Kep sangatlah penting.

Menurut dia, dengan membangun kurikulum yang baik, akan mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu disatu institusi pendidikan yakni di SHB. Dia menerangkan, dalam kurikulum terdapat komponen yang penting dalam pendidikan karena komponen-komponen seperti tujuan, isi, struktur program, organisasi dan proses belajar mengajar. Sehingga kata dia, akan dapat sesuai dengan tujuan dari UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 yakni membentuk generasi yang bermartabat dan berakhlak mulia.

"Dalam kurikulum memuat komponen yang dapat mengarahkan program pendidikan ke arah yang benar. Muaranya tentunya kepada membentuk generasi yang bermartabat dan berakhlak mulia," ujarnya.

Untuk itu, dia menjelaskan, kunci untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu itu adalah dengan selalu mengikuti setiap informasi yang berkembang. Menurut Suci, informasi yang dimaksud yakni kebijakan atau aturan baru dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek PT). Karena bagaimanapun kini perubahan kebijakan berubah dengan dinamis.

"Kucinya selalu up to date dengan kebijakan apa dari pemerintah yang sedang berkembang dan ramai dibahas. Untuk itu, informasi sebagai kunci keberhasilan, karena perubahan kebijakan cukup cepat dan dinamis," kata dia.

Dia berpandangan, pentingnya menjaga kualitas dan mutu kurikulum sangatlah relevan dengan visi dan misi dari SHB. Dia mengungkapkan, salah satu misi yang relevan itu yakni minimal mencetak lulusan SHB yang memenuhi standar dalam dunia kerja. Indikator lulusan yang sesuai standar yaitu dengan tingginya daya serap lulusan dalam dunia kerja.

"Relevan sekali antara kurikulum dengan visi dan misi dari SHB. Salah satunya yakni untuk mencetak lulusan berkualitas dengan daya serap tinggi dalam dunia kerja," tutur dia.

Suci menambahkan, salah satu misi SHB yang kini sedang dikejar yakni memiliki target lulusan 80 persen jumlah lulusan dapat terserap di dunia kerja. Target tersebut, lanjut dia, sekarang sedang dikejar dalam waktu tiga bulan kedepan oleh SHB. Maka kunci utamanya adalah kembali dengan menjaga kurikulum.

"Kita memiliki target seperti itu. Dalam waktu tiga bulan 80 persen jumlah lulusan kita dapat terserap di dunia kerja," sambung dia.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu