S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date5 September 2016 3:43 pm
ByAdministrator
Views32



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Kram Perut Pada Kehamilan

Assalammu’alaikum,

Pengasuh rubrik konsultasi yang saya hormati, saya Ami, saat ini saya sedang hamil 25minggu, ini kehamilan kedua saya, tapi saya sangat bahagia dengan kehamilan ini, namun saya sering mengalami kram pada perut terutama pada bagian bawah kanan dan kiri perut, dokter saya bilang ini tidak berbahaya, tapi saya ingin mengetahui lebih lanjut kenapa di usia 25 minggu kehamilan saya masih merasa kram perut? apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya? Mohon infonya. Wassalamu’alaikum (Ibu Ami-purwokerto).

Wa’alaikumsalam wr wb,
Ibu Ami yang berbahagia, semoga kehamilannya lancar ibu dan bayi sehat selalu. Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil yang berhubungan dengan perut yang nyeri atau tegang memang tidak semuanya berbahaya, untuk usia 25 minggu adalah usia kehamilan trimester 2.

Memasuki trimester kedua kerap kali ibu mengalami nyeri pada bagian kanan dan kiri bagian perut yang ditandai dengan berpindah dari bagian perut bawah kiri ataupun kanan. Kondisi ini dikarenakan pada bagian struktur tali yang mempertahankan rahim pada dinding perut atau dikenal dengan ligamentum mengalami nyeri akan tetapi tidak membahayakan.

Ibu hamil hanya perlu untuk beristirahat rileks dengan menggunakan bantal yang tinggi. Cobalah perlahan-lahan saat mengubah posisi. Hal ini dapat mengurangi tekanan perut sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri pada perut. Tindakan ibu Ami berkonsultasi dengan dokter sudat tepat, karena meski keluhan rasa sakit pada perut tidak membahayakan, tetap anda harus berkonsultasi dengan dokter anda apabila mengalami rasa sakit yang berkepanjangan.

Terlebih pada trimester kedua anda masih merasakan tidak nyamanan (berkelanjutan) dari trimester pertama. Tetaplah rutin mengunjungi dokter/bidan Anda untuk pemeriksaan kehamilan.

Wassalamu’alaikum wr wb

Diasuh oleh Tim Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu