S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date4 March 2016 3:43 pm
ByAdministrator
Views35



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Konsultasi Menangani Anak Demam

Tanya :

Permisi ibu/Bapak, Saya IRT (28 th) Saya ingin menanyakan apakah bila anak kecil demam sebaiknya dimandikan atau tidak? Anak saya umurnya 1.5 tahun, saya takut apabila dimandikan demamnya akan bertambah parah. Betulkan begitu, mohon penjelasannya.

Jawab :
Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh lebih tinggi daripada kondisi normal. Suhu normal tubuh manusia adalah diantara 36 hingga 38c. Demam terjadi karena tubuh memproduksi panas yang lebih banyak dibanding pengeluaran panas oleh tubuh itu sendiri. Demam juga merupakan peringatan dari tubuh bahwa sedang terjadi “perang” melawan virus, bakteri atau kuman yang bisa merugikan tubuh kita. Saat terjadi infeksi dari luar, secara alamiah tubuh akan melepaskan zat bernama pirogen yang menyebabkan suhu meningkat. Demam pada dasarnya bersifat baik, karena merupakan mekanisme alamiah tubuh untuk mempertahankan diri dan menghindarkan bahaya yang lebih jauh. Demam juga bisa menjadi indikasi atas penyakit tertentu dilihat dari polanya.

Pernyataan bahwa mandi bisa menyebabkan demam bertambah parah tidak sepenuhnya benar, tergantung air yang digunakan untuk mandi apakah air dingin atau air hangat. Jika orang atau anak yang sedang demam mandi dengan air hangat, maka secara teori bisa disamakan dengan kompres, selain memberi rasa nyaman juga bisa membantu mengeluarkan panas dari tubuh. Bahkan dikatakan bahwa anak yang sedang dalam kondisi demam lebih efektif dimasukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat. Cara ini terbukti sangat membantu untuk menurunkan panas badan anak. Bunda sebaiknya memberikan si kecil obat penurun panas terlebih dahulu sebelum memandikannya. Hal ini penting dilakukan karena jika si kecil mandi tanpa minum obat akan menyebabkan bayi mengigil. Bayi mengigil karena tubuhnya sedang berusaha menyamakan suhu air mandi.

Orang tua tidak perlu khawatir penyakit anak bakal bertambah parah jika dimandikan dengan air hangat, biarkan si kecil main air hangat. Apalagi pada dasarnya anak kecil suka air. Selama ini ada pemahaman yang salah dari para orangtua, bahwa anak sakit tidak boleh kena air atau mandi. Pemahaman tersebut salah menurut para pakar kesehatan dan pandangan itu harus disingkirkan. Justru orang tua harus sadar, anak sakit pun, badannya harus senantiasa bersih.

Mandi dengan air hangat dapat membuat pori-pori dan pembuluh darah melebar, sehingga mempercepat proses pengeluaran panas dari dalam tubuh.Mandi juga bisa menimbulkan rasa nyaman dan membunuh kuman di permukaan kulit.Lalu bagaimana kalau anak tak mau mandi dengan alasan lagi sakit, inlah tugas orang tua agar pandai-pandai membujuk. Anak-anak cenderung malas kena air dingin, tapi tidak air hangat, karena anak-anak pasti suka. Kalaupun anak tidak mau mandi, orang tua bisa mengelap tubuh anak secara keseluruhan dengan air hangat. Diskusilah dengan dokter bila demam yang terjadi lebh dari 3 hari, karena mungkin penyebabnya lebih kompleks. (Martyarini Budi Setyawati, M.Kep).

 

Sumber gambar: google.co.id


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu