S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date30 August 2016 10:18 am
ByAdministrator
Views37



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Keputihan Yang Berlebih Saat Hamil

Saya kini sedang hamil di usia 39 minggu. Yang saya rasakan keputihan semakin deras. Bahkan lebih deras dari sebelumnya. Apakah normal jika dalam masa hamil mengalami keputihan yang berlebih? Terimakasih. (ibu T, Linggasari)

Jawab :

Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. Ibu hamil juga biasanya akan mengalami keputihan yang berhubungan dengan kehamilan. Hal ini pada dasarnya adalah mekanisme normal tubuh melindungi vagina dan rahim dari infeksi kuman. Keputihan normal akan tampak lebih nyata ketika haid, hamil, dan masa menjelang menopause. Keputihan normal cirinya berupa lendir berwarna bening (kadangputih-pink), tidak bau, tidak nyeri dan tidak juga gatal.

Ada beberapa kondisi abnormal yang juga dapat menyebabkan keputihan. Berikut beberapa di antara kondisi abnormal tersebut:
1. Infeksijamur: Keputihan dengan lendir berwarna putih kental, tidak terlalu bau, tapi gatal
2. Infeksi bakteri vagina: Lendirnya berwarna putih, agak bau, tapi tidak gatal maupun nyeri
3. Infeksi kuman menular seksual: lendirnya berwarna kuning-kehijaun, berbuih, bau, nyeri, dan kadang ada perdarahan

Memang secara sekilas keputihan berlebihan yang Anda alami saat hamil merupakan suatu kondisi yang normal. Namun tetap untuk memastikannya perlu pemeriksaan langsung. Jika memang ditemukan kelainan, misalnya infeksi jamur atau bakteri, maka akan diberikan obat yang sesuai. Saat ini sudah ada obat anti kuman yang langsung dimasukkan ke vagina.

Beberapa tips sederhana mengatasi keputihan yang berlebihan:
1. Bersihkan vagina secara teratur sekitar 1-2x/hari. Hindari penggunaan cairan atau sabun antiseptik ketika membersihkan vagina karena dapat merusak pertahanan alami yang ada.
2. Hindari menggunakan celana dalam yang ketat
3. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun

Semoga informasi ini bermanfaat ya. (Diasuh oleh Tim Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu