S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date13 March 2017 2:06 pm
ByAdministrator
Views63

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Kenali Bahaya Sinusitis

Date13 March 2017 2:06 pm
ByAdministrator
Views63

Kenali Bahaya Sinusitis. Oleh : Tri Sumarni S Kep Ns M Kep *)


Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus. Rongga sinus merupakan rongga atau ruangan yang terletak pada bagian belakang tulang wajah di bagian atas sekitar dahi, rongga antara bagian mata dan di bagian belakang dahi serta rongga pada bagian pipi dan hidung.

Rongga sinus berisi lendir dan rambut tipis yang berfungsi untuk menyaring bakteri dan udara yang masuk dari saluran pernafasan. Rongga sinus yang sehat ditandai dengan kondisi bersih. Sinusitis cukup berbahaya karena akan menyebabkan hambatan saluran lendir sehingga banyak penumpukan lendir pada daerah sinus.

Sinusitis dapat terjadi pada semua usia mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur dan alergi.  Gejala penyakit sinusitis pada awalnya terlihat seperti gejala Influenza biasa. Banyak penderita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya telah terkena Sinusitis.

Berikut tanda dan gejala Sinusitis yang membedakannya dengan Influenza :

1. Area sinus terasa sakit terus menerus.
2. Keluar cairan kuning kehijauan yang kental, sakit kepala berat, sakit gigi dan bau mulut dan tidak ada bersin-bersin. Ketika seseorang mengalami gejala influenza lebih dari dari 10-14 hari, maka dapat dicurigai terkena sinusitis. 

Bahaya sinusitis jika terjadi komplikasi jarang terjadi tetapi bisa sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Beberapa komplikasi yang diakibatkan bahaya sinusitis :

1. Terjadi infeksi orbital yang menyebabkan mata tidak dapat digerakkan serta kebutaan karena tekanan pada nervus optikus yang menyebabkan terjadinya gangguan daya lihat bahkan kebutaan permanen. 
2. Osteomyelitis. Osteomyelitis merupakan infeksi pada tulang bagian depan kepala yang menyebabkan pembengkakan kelopak mata, demam tinggi, sakit kepala hebat, mual dan muntah serta rasa nyeri saat melihat cahaya. Kondisi ini perlu dipastikan dengan CT scan. Selain menggunakan antibiotik, penangananannya membutuhkan tindakan operasi dan pengeringan cairan pada sinus. 
3. Menghilangnya daya penciuman sebagian atau seluruhnya. Kehilangan kemampuan ini bisa terjadi sementara atau bahkan permanen.
4. Bronkhitis Kronis. Sinusitis dapat juga menyebabkan kambuhnya asma bronchial yang sukar dihilangkan sebelum sinusitisnya disembuhkan.
5. Infeksi otak yang paling berbahaya karena penyebaran bakteri ke otak melalui tulang atau pembuluh darah. Ini dapat juga mengakibatkan Meningitis, abses otak dan abses ekstradural atau subdural. Gejalanya mulai dari demam tinggi, sakit kepala berat, leher kaku, sulit berjalan, kebingungan, mual dan muntah.

Jika terjadi gejala-gejala tersebut, konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan pengobatan dan pencegahan terjadinya komplikasi berbahaya dari sinusitis.

*) Dosen SHB Purwokerto


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu