S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date26 December 2016 2:35 pm
ByAdministrator
Views90



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Kehamilan dengan Plasenta Letak Rendah

Pertanyaan:
Apa kabar Bu Bidan, perkenalkan nama saya Eva. Saat ini saya sedang hamil 6 bulan, tetapi beberapa waktu lalu saya mengalami perdarahan. Tidak banyak dan juga tidak sakit. Dokter bilang itu karena plasenta saya turun. Hal tersebut berbahaya atau tidak ya bu dan bagaimana mengobatinya.

Eva, Purwokerto

Jawaban : 
Kabar baik bunda Eva, mungkin yang dimaksud plasenta (ari-ari) turun adalah plasenta yang letaknya rendah dekat jalan lahir ya. Beberapa kehamilan memang dijumpai plasenta letak rendah atau biasa disebut dengan plasenta previa. Penanganan untuk plasenta previa biasanya meliputi istirahat sebanyak-banyaknya, transfusi darah jika terjadi perdarahan hebat dan operasi caesar. Namun penanganan yang dipilih tergantung pada beberapa faktor, seperti:

1. Apakah terjadi pendarahan atau tidak
2. Tingkat keparahan pendarahan
3. Kondisi kesehatan sang ibu dan bayi
4. Usia kandungan
5. Posisi plasenta dan bayi

Jika Bunda hanya mengalami sedikit pendarahan biasanya tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit, tetapi tetap harus waspada dengan cukup beristirahat di rumah. Terkadang ada ibu hamil yang dianjurkan untuk terus berbaring dan hanya boleh duduk atau berdiri jika benar-benar diperlukan.

Berhubungan seks juga sebaiknya dihindari karena dapat memicu pendarahan. Begitu juga dengan olahraga. Jika terjadi pendarahan, bunda harus segera ke rumah sakit sebelum pendarahan bertambah parah. Pada minggu ke-34 bunda sebaiknya menjalani sisa masa kehamilan di rumah sakit.

Langkah ini dianjurkan agar pertolongan darurat, seperti transfusi darah, bisa segera diberikan jika pendarahan kembali terjadi. Prosedur caesar juga akan dilakukan begitu kehamilan mencapai batas usia yang cukup, yaitu pada minggu ke-36. Namun bagi ibu hamil dengan pendarahan yang tidak kunjung berhenti, dokter akan menganjurkan prosedur caesar meski usia kandungan belum cukup.

Jika tidak ditangani, plasenta previa dapat menyebabkan komplikasi serius dan berakibat fatal bagi ibu dan bayi seperti pendarahan hebat pada saat melahirkan dan bahkan setelahnya. Tetapi Bunda Eva tidak perlu terlalu khawatir selama bunda rajin memeriksakan kehamilan dan melaksakan nasehat dokter atau bidan. Salam sehat selalu bunda.(*)

Diasuh oleh Susilo Rini, SST, M.Kes (Tim Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu