S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date22 July 2017 9:48 am
ByAdministrator
Views61

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Kebutuhan Cairan Tubuh

Date22 July 2017 9:48 am
ByAdministrator
Views61

Kebutuhan Cairan Tubuh

Assalammu’alaikum,
Pengasuh rubrik konsultasi yang saya hormati, saya Desi dari Banyumas. Saya termasuk orang yang malas untuk minum. Padahal katanya dalam sehari, kita harus mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Apakah dalam sehari itu benar-benar harus diminum air putih sebanyak 8 gelas? Bagaimana cara untuk menghitung kebutuhan cairan tubuh kita? Apa saja ciri-ciri tubuh mengalami dehidrasi? Kemudian, bagaimana caranya agar kebutuhan cairan tubuh kita terpenuhi? 
Terimakasih atas penjelasannya. 
Wassalamualaikum wr wb

Wa’alaikumsalam wr wb, salah sehat Bu Desi.
70 persen dari tubuh manusia terdiri atas air. Oleh karena itu tentu wajar jika kita pun harus rajin-rajin minum air putih demi alasan kesehatan. Air dapat membantu mengatur suhu tubuh, berperan dalam fungsi pencernaan, pengeluaran detoks, pelumas dan bantalan pada sendi dan jaringan dalam tubuh.Secara khusus, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Tergantung dari kebutuhan tubuh, aktivitas fisik, indeks masa tubuh (berat badan dan tinggi badan), usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan atau penyakit. 
Benarkah harus 8 gelas? Pada manusia normal, tubuh memiliki peringatan, jika tubuh mengalami kekurangan cairan. Pengaturan utama kebutuhan cairan adalah melalui mekanisme haus. Pusat haus dikendalikan di otak sedangkan rangsangan haus berasal dari kondisi dehidrasi intraseluler (kurang cairan dalam sel), keluarnya hormon angiotensin II sebagai respon jika terjadi penurunan tekanan darah, perdarahan yang mengakibatkan penurunan volume darah. Perasaan kering di mulut biasanya terjadi bersama dengan sensasi haus. Sensasi haus akan segera hilang setelah minum.

Kalau melihat penjelasan tersebut, maka pada orang yang normal jika mulai terjadi kekurangan cairan tentunya tubuh sudah memberikan pesan untuk segera minum. Tetapi tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Jadi, sebelum pesan itu disampaikan kita berusaha untuk memenuhi cairan yang ada di dalam tubuh.
Bagaimana cara untuk menghitung kebutuhan cairan tubuh kita?
1.    Rumus 1
Saran dari International Marathon Medical Directors Association (IMMDA), konsumsi air 0.03 liter/kg berat badan (kgBB) dikatakan sudah mencukupi. Sebagai contoh, jika kita memiliki berat badan (BB) 50 kg, maka kebutuhan air adalah 0.03 x 50 = 1.5 liter per hari. 

2.    Rumus 2
Kebutuhan cairan adalah sekitar 1 mililiter untuk setiap kilokalori kebutuhan energi tubuh. Jika seseorang kebutuhan energinya 1.800 kkal, berarti kebutuhannya akan cairan adalah 1 x 1.800 = 1.800 mililiter atau 1,8 liter air.

3.    Rumus 3
Untuk 10 kg pertama berat badan butuh 1 liter cairan, 10 kg kedua berat badan butuh 500 mililiter cairan, dan sisanya setiap kilogram berat badan butuh 20 mililiter cairan. Contohnya, bila seseorang memiliki berat badan 50 kg. Maka 10 kg pertama berat badan = 1 liter, 10 kg kedua – 500 ml, sisanya 30 (50 kg-10-10) x 20 ml = 600 ml. Jadi kebutuhan cairan keseluruhan adalah 1.000 + 500 + 600 = 2.100 ml atau 2,1 liter per hari.

Apa saja ciri-ciri tubuh mengalami dehidrasi?
Rasa haus merupakan sinyal pertama tubuh kita sudah mengalami dehidrasi, ciri yang lain yaitu mulut kering, kelelahan, kulit kering, jangan buang air kecil, urin berwarna kuning pekat/ gelap.
Berikut tip mudah yang bisa dilakukan, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

1.    Siapkan air di meja
2.    Bawa minum saat olahraga
3.    Makan buah berair
4.    Minum sebelum makan
5.    Minum sebelum tidur
Semoga bermanfaat . Wassalamu’alaikum wr wb

(Tri Sumarni S Kep Ns M Kep – Dosen Keperawatan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu