S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date19 September 2016 1:25 pm
ByAdmin is trator
Views25


Sosok

Ingin Menurunkan AKI - Siti Nur Khasanah

Angka Kematian Ibu (AKI) di Propinsi Jawa Tengah masih kerap terjadi. Beberapa hal yang menjadi penyebab masih seringnya AKI terjadi. Salah satunya diakibatkan oleh proses kehamilan bayi pada ibu.

Hal inilah yang perlu segera dicarikan solusi bersama. Seperti salah satu mahasiswa Diploma Kebidanan STIKes Harapan Bangsa (SHB) Siti Nur Khasanah. Bagi dia, banyak sebab masih terjadinya AKI di Indonesia. Menurut dia, salah satunya yakni msaih adanya ibu hamil yang melakukan persalinan kepada dukun bayi.

"Masih ditemukannya ibu hamil bersalin kepada dukun bayi terjadi di daerah perdesaan,"ujarnya.

Selain itu, kata dia, faktor kelengkapan fasilitas juga menjadi pemicunya. Seperti kata Siti, fasilitas puskesmas. Bagi dia, fasilitas ini sangat penting bagi kebutuhan kesehatan bagi masyarakat perdesaan. Menurut dia, puskesmas harus menjadi fasilitas kesehatan yang akan menekan AKI.

"Memang keberadaan puskesmas sangat vital, karena tersebar di desa-desa,"terangnya.

Dia menambahkan, idealnya puskesmas tersebar per kecamatan. Tujuannya agar ketika ada ibu hamil langsung ditangani. Serta, lanjut dia, fasilitas puskesmas harus ditingkatkan lagi.

"Diakui masih banyak daerah yang belum memiliki puskesmas. Sehingga untuk memiliki puskesmas yang sudah berfasilitas poned pun masih jauh dari harapan,"keluhnya.(rez)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu