S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date3 October 2016 1:29 pm
ByAdmin is trator
Views33


Sosok

Ikhlas Modal Utama Bidan - Riski Fahmi Amalia Putri

Dalam dunia kesehatan, profesi bidan kerapkali sangat dibutuhkan ketika kondisi penting. Terutama ketika ingin membantu ibu hamil yang akan melahirkan, kehadiran bidan sangatlah diperlukan. Untuk itu, sosok bidan idealnya memiliki sifat rajin, daya tanggap, dan keikhlasan dalam menjalankan profesinya.

Seperti kata salah satu mahasiswa Diploma STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, Riski Fahmi Amalia Putri ini. Menurut dia, sosok bidan haruslah memiliki tiga sifat tersebut. Sebab, profesi bidan tugas utamanya adalah mendampingi ibu hamil dari awal hingga akhir proses persalinan. Sehingga seluruh proses persalinan itu tidak mungkin diikuti apabila tidak memiliki ketiga sifat tersebut.

"Seorang bidan yang baik haruslah memiliki tiga sifat tersebut. Karena peran bidan yang sangat penting dalam proses persalinan," katanya.

Terlebih, kata Riski sifat ikhlas wajib dimiliki oleh seorang bidan. Dia mengatakan, sifat ikhlas ini akan menjadi modal atau bekal yang baik bagi si bidan sendiri. Karena dalam proses persalinan, bidan harus mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menyelamatkan dua nyawa sekaligus.

"Ikhlas akan menjadi bekal yang baik ketika membantu proses persalinan. Dengan ikhlas akan memunculkan rasa kepedulian untuk menyelamatkan dua nyawa dalam momen itu (persalinan, red)," tuturnya.

Akan tetapi, dia mengakui, dalam proses persalinan selalu ada resiko yang akan diambil. Dia menjelaskan, resiko itu terkadang memang akan bergantung dengan kondisi kesehatan ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Namun, lanjut dia, dengan memiliki sifat ikhlas semuanya akan menguatkan mental untuk mengambil keputusan didalam proses persalinan.

"Dimanapun proses persalinan akan selalu ada resiko. Tinggal bagaimana akan kita mengambil keputusan. Namun dengan memiliki ikhlas, minimal resiko itu akan diselesaikan dengan bijak," sambung Riski.(rez)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu