S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date3 September 2018 12:43 pm
ByAdministrator
Views26

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Ibu Dilatih Ketrampilan Tangani Pneumonia Penyebab Angka Kematian Balita

Date3 September 2018 12:43 pm
ByAdministrator
Views26

PURWOKERTO - Stikes Harapan Bangsa (SHB) turut serta dalam penanganan pneumonia pada anak. Salah satunya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, SHB memberikan pelatihan untuk mendeteksi pneumonia pada bayi dan balita. 

Ketua Kegiatan, Arlyana Hikmnati MKeb mengatakan, kegiatan yang digelar selama dua hari yakni 9 Juni dan 9 Juli tersebut dihadiri oleh 50an peserta. Peserta tersebut terdiri daru ibu yang memiliki balita di Desa Dawuhan Padamara Purbalingga.  Dari kegiatan tersebut, sebagian besar pengetahuan dan ketrampilan ibu tentang pneumonia meningkat.

"Ibu adalah orang yang paling dekat dengan anak. Maka harus bisa mendeteksi sakit yang dialami oleh anak," jelasnya.

Tujuannya agar pengobatan yang diberikan tepat. Karena pneumonia sendiri merupakan salah satu penyebab angka kematian pada balita. Lebih jauh Arly mengatakan, untuk mengetahui gejala pneumonia bisa dengan melihay beberapa tanda-tanda yang diberikan anak. 

"Gejalanya, nafas celap atau tidak ada tarikan dinding dada. Dikatakan napas cepat jika usia 2 bulan-12 bulan sebanyak 50 kali permenit. Usia 12 bulan-5 tahun  sebanyak 40 kali permenit," katanya. 

Menurutnya, berdasarkan data WHO 2015 tercatat 15 persen kematian balita dalam setahun. Sedangkan data riskesdas diperkirakan setiap 4 jam balita meninggal karena pneumonia.

Pneumonia sendiri merupakan radang paru yang dapat disebabkan virus atau bakteri. Menyebabkan kerusakan jaringan paru terutama pada bagian paru tempat bertukarnya udara. Jika hal tersebut maka anak akan mengalami sesak nafas. Yang disebabkan karena pasukan oksigen berkurang. Pada kondisi pneumonia berat dapat menyebabkan kematian akibat kekurangan oksigen mencapai otak dan jantung.

"Pneumonia ini sebenernya dapat mudah mengenali gejalanya," tegasnya. (ida) 

    


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu