S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date29 April 2017 3:59 pm
ByAdmin is trator
Views32


Info Kesehatan

Gejala Penyakit Asam Urat (Gout Arthritis)

Gejala Penyakit Asam Urat (Gout Arthritis)

Pertanyaan:
 
Pengasuh rubrik konsultasi yang saya hormati.Saya sering merasakan kesemutan pada tangan, kadang-kadang nyeri dan panas serta kaku di setiap persendian jari-jari sampai pernah dua jari saya tidak bisa diluruskan dalam beberapa menit. Sebenarnya gejala penyakit apakah yang saya rasakan dan mungkinkah bisa disembuhkan? Terimakasih.Wassalamualaikum.

Ummu Latifah, Kembaran

Jawaban :

Berdasarkan apa yang ibu rasakan saat ini mengarah pada penyakit asam urat (Gout Arthritis). Akan tetapi untuk lebih memperjelas lagi tentang diagnosanya, ibu dapat melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar asam urat di dalam tubuh.

Saya akan sedikit menjelaskan tentang penyakit asam urat (gout arthritis). Gout atau orang awam lebih mengenalnya dengan "asam urat" merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).

Gejala dan tanda :

Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Tatalaksana :

Gout arthritis menimbulkan peradangan pada persendian, bengkak, teraba hangat, kemerahan, nyeri dan fungsi menurun. Sebaiknya pada penderita asam urat dapat melakukan berbagai hal seperti konsumsi obat pengurang produksi asam urat, kemudian banyak minum air putih, hindari alkohol. Penyakit asam urat (gout arthritis) tidak dapat sembuh total, tapi dapat dikontrol dengan obat dan juga memperbaiki pola makan dengan memgurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan asam urat kambuh, seperti daging merah, jeroan, dan sayuran warna hijau. Jeroan seperti babat, usus, paru, limpa, hati, ampela, kikil dan lainnya mengandung kadar purin yang tinggi, dimana purin merupakan zat yang dapat menimbulkan gejala asam urat. 

Adapun obat-obatan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat, yaitu sebagai berikut:

1. NSAIDs, seperti ibuprofen atau naproxen, secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak, obat ini bisasanya menurunkan peradangan dan nyeri dalam beberapa jam. 
2. Kortikosteroid, dapat diberikan pada orang yang tidak dapat menggunakan NSAIDs.
3. Steroid bekerja menurunkan peradangan. Steroid dapat di suntik (injeksi) langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil.
4. Colchicine sering juga digunakan untuk mengobati peradangan pada penyakit gout. 
5. Allupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat. Obat ini bekerja pada metabolisme asam urat dengan mencegah perubahan zat purine dalam makanan menjadi asam urat. Pengobatan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan fungsi ginjal yang kurang, selain itu dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan kerusakan hati.

 Dalam Hal ini, sebagai dasar acuan terbaik maka disarankan Bu Ummu Latifah berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dan melakukan pemeriksaan penunjang, untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dan lakukan perubahan pola hidup sehat sebagai pendukung baik peningkatan kualitas hidup sehat kita. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat..Wassalamu?alaikum wr wb.(Rubrik ini Diasuh oleh Refa Teja Muti S Kep Ns).





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu