S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date5 September 2016 3:36 pm
ByAdministrator
Views37



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Dukung Pemberian ASI

Ibarat air surga untuk buah hati seorang ibu memberikan Air Susu nya sepaket dengan amanah titipan Allah berupa putra dan putri sholeh sholehah harapan bangsa. Nikmat sehat dan terpilih menjadi wanita seutuhnya bisa hamil, bersalin dan menyusui maka nikmat manakah yang engkau dustakan.

ASI adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam-garam anorganik yang disekresi oleh kelenjar mammae ibu yang berguna sebagai makanan bayinya. Sedangkan ASI eksklusif adalah perilaku dimana hanya memberikan ASI saja sampai umur 6 bulan tanpa makanan minuman lain selain obat (jika sakit).

Pemberian ASI secara eksklusif pada bayi di Indonesia berlandaskan keputusan Menteri Kesehatan RI No. 450/Men.Kes/SK/IV/2004 tanggal 7 April 2004. Ini juga mengacu pada resolusi World Health Assembly (WHA. 2001).

Kenapa hanya ASI selama 6 bulan ?

Keunggulan dan manfaat menyusui dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu : aspek gizi, aspek imunologik, aspek psikologi, aspek kecerdasan, neurologis, ekonomis, dan aspek penundaan kehamilan. Banyaknya manfaat ini masihkah ibu-ibu enggan memberikan ASI dan lebih memilih susu formula?

Tips Pemberian ASI eksklusif

1. Tumbuhkan rasa percaya diri dan yakin bisa menyusui
2. Usahakan mengurangi sumber rasa sakit dan kecemasan
3. Kembangkan pikiran dan perasaan terhadap bayi

Dukungan Pemberian ASI

Disinilah peran bidan dan keluarga untuk meyakinkan ibu yang baru melahirkan bahwa bayi bahkan tahan tidak menyusui hingga 2×24 jam dari lahir, bila ASI belum keluar. Jadi jangan terburu-buru membeli susu formula bila ASI hanya keluar sedikit-sedikit.

Usaha Pemberian ASI Pasca Melahirkan

1. Sesaat setelah bayi lahir lakukan early latch on yaitu bayi diserahkan langsung kepada ibunya untuk disusui. Selain mengetes refleks menghisap bayi, tindakan ini juga untuk merangsang payudara segera memproduksi ASI pertama (kolostrum) yang sangat diperlukan untuk antibody bayi

2. Bila ASI belum keluar, bidan atau keluarga melakukan massase pada payudara atau mengompres dengan air hangat sambil terus mencoba menyusui langsung pada bayi. Biasanya ASI baru lancar pada hari ketiga setelah melahirkan. Selama ASI belum lancar terus coba menyusui bayi

3. Beritahu keluarga klien untuk memberi dukungan kepada ibu dan relaksasi untuk memperlancar ASI

4. Anjurkan klien untuk menjaga asupan makanan dengan menu gizi seimbang.

Menciptakan Praktik Menyusui Yang Baik

1.Posisi menyusui yang benar
2.Perlekatan harus benar
3.Tidak diberi botol atau empeng
4.Menghisap sesering mungkin meningkatkan produksi ASI
5. Perlihatkan cara menyusui yang efektif

Oleh Dosen STIKes Harapan Bangsa Maya Safitri,SST, MKes


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu