S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date25 February 2016 10:02 am
ByAdministrator
Views57

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Dua Dosen Ikuti Kongres di Taiwan


Date25 February 2016 10:02 am
ByAdministrator
Views57

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Dua dosen Program Studi Ilmu Keperawatan S1 dan Ners dari STIKES Harapan Bangsa Purwokerto (SHB), Martyarini Budi S, M.Kep dan Ririn Isma Sundari, M.Kep ikut serta dalam kegiatan 2nd Asian Congress in Nursing Education 2016 (ACiNE) yang berlangsung di National Cheng Khung University (NCKU), Tainan, Taiwan. Acara yang dihadiri oleh 12 Negara di Asia, Australia, Eropa dan Amerika ini diselenggarakan selama empat hari dari tanggal (26/01) sampai (29/01). Pertemuan ini merupakan ajang pertemuan ilmiah terutama bagi pakar pendidikan untuk saling bertukar pengalaman dan informasi mengenai isu dan perkembangan pendidikan keperawatan.

Kegiatan ACiNE sendiri merupakan kegiatan tahun kedua. Dalam pertemuan ini terdapat banyak kegiatan, yakni simposium dengan keynote speaker Afaf Meleis dari University of Pennsylvania, USA,. Roger Watson dari University of Hull, UK,. Hsiu-Hung Wang dari Kaohshiung University Taiwan dan Jintana Yunibhand dari Chulalong-korn Thailand. Dalam beberapa diskusi ilmiah terkait pendidikan keperawatan, tim STIKES Harapan Bangsa berkesempatan menjadi ketua tim diskusi pengembangan kurikulum berdasarkan penelitian (Evidence Based Practice).

Dalam pertemuan ini, STIKES Harapan Bangsa datang bersama rombongan dari Assosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Mengenai keikutsertaan SHB dalam event besar ini, salah satunya adalah untuk mencari ilmu dan pembelajaran terkait dunia kesehatan.

"Keikutsertaan STIKES Harapan Bangsa ini ditujukan untuk mencari ilmu tentang pembelajaran klinik, pembangunan kurikulum dan strategi pembelajaran untuk program studi kesehatan, khususnya Ners," ujar Ketua SHB dr. Pramesti Dewi, M.Kes ketika ditemui di sela-sela kesibukannya mempersiapkan akreditasi D3 Keperawatan.

Selain mengikuti pertemuan ilmiah, tim dosen dari SHB beserta tim dari Universitas Padjajaran berkesempatan untuk mengunjungi Rumah Sakit Universitas Cheng Khung. Kunjungan ker rumah sakit ini bertujuan untuk mengekspolari kondisi klinik di Taiwan yang kemudian dapat dijadikan pelajaran bahkan contoh Laboratorium Keperawatan.

"Dalam kunjungan ke Rumah Sakit, kami juga berkesempatan untuk melihat dari dekat HIV-AIDS Ward, sebuah bangsal khusus yang diperuntukkan bagi pasien HIV-AIDS," ujar Ririn Isma Sundari.

Perlengkapan yang canggih dan pelayanan berbasis penelitian menjadi aspek yang patut dicontoh. Hal ini dikarenakan, visi dari NCKU beserta rumah sakitnya memang mengarah pada Evidence Based Practice.

"Harapannya SHB bisa mengabil pelajaran yang bisa diterapkan di Kampus," pungkas Martyarini Budi S. (stw)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu