S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date30 July 2018 10:23 am
ByAdministrator
Views24

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Dasa Wisma Dilatih Wirahusaha


Date30 July 2018 10:23 am
ByAdministrator
Views24

Program Pengabdian Masyarakat SHB

PURWOKERTO - Salah satu bentuk pengabdian Stikes Harapan Bangsa (SHB) kepada masyarakat yakni pelatihan wirausaha. KegiAtan yang dipimpin oleh Alfizi SE MM dan juga anggota tim lain seperti Maya Safitri SST M.Kes dan Tin Utami SST M.Kes.

Mereka melatih ibu-ibu Dasa Wisma RT 05, RW 11 Ledung Kembaran Minggu (10/6) lalu untuk berwirausaha dengan baik. Alfizi mengatakan, dasa wisma di RT 05 RW 11 ada 2 kelompok. Kegiatan yang sudah berjalan berupa laporan-laporan perubahan data keluarga, status KB dan lain-lain. Belum ada kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan ketrampilan ibu-ibu dan variasi kegiatan juga belum terlihat optimal.

"Tetapi ada permasalahan dimana ada usaha rumahan ibu-ibu anggota dasa wisma yang produktifitasnya kurang. Sehingga dirasa perlu penyuluhan tentang cara berwirausaha pada para ibu anggota dasa wisma dengan manajemen bisnis sederhana," jelasnya. 

Lebih jauh dia mengatakan, di RT 05 RW 11 terdata ada usaha kecil berupa makanan ringan tahu aci, usaha buku-buku bacaan, usaha kopi siap saji, dan sabun kecantikan. Untuk kegiatannya ibu-ibu dasa wisma sendiri masih perlu di giatkan lagi. Seperti dana sehat dan tabungan, mengembangkan usaha rumahan yang sudah ada, arisan dan pengisian penyuluhan kesehatan keluarga. "Serta ketrampilan keluarga yang bisa dipraktikan dan bisa menghasilkan karya yang bernilai ekonomis," ucapnya. 

Dari latar belakang tersebut, perlu upaya untuk kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat serta pemberian informasi berkenaan dengan kewirausahaan. Karena masih terhambatnya kegiatan usaha mandiri ibu-ibu dasa wisma pada saat produksi. Juga tentang pengemasan dan pemasaran.

"Warga juga kurang informasi dan motivasi dalam kewirausahaan sehingga usahanya belum maksimal kadang produksi kadang tidak," tambahnya. 

Alfizi menambahkan, usaha rumahan yang ada belum termanajemen dengan baik terlihat dari tidak konsistennya produksi. Serta pembukuan usaha sehingga untuk manajemen keuangan campur aduk 

dengan keuangan rumah tangga.

"Karena permasalahan tersebut, kami berusaha untuk mengedukasi masyarakat," ucapnya. 

Tujuannya, agar memberikan informasi dan pengetahuan ibu-ibu dasa wisma tentang Manajemen Bisnis Kewirausahaan. Juga dapat menumbuhkan semangat kreatifitas dalam usaha rumahan dengan berbagai motivasi bisnis.Dengan hal tersebut, tentunya bisa meningkatkan pengetahuan ibu-ibu dasa wisma tentang manajemen bisnis sederhana. Juga menumbuhkan motivasi, semangat dan kreatifitas dalam usaha rumahan pada ibu-ibu.

"Serta bisa meningkatkan daya jual sehingga bisa membantu perekonomian keluarga," ujarnya.


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu