S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date13 August 2016 2:57 pm
ByAdministrator
Views104

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

D3 Keperawatan SHB Raih Akreditasi B


Date13 August 2016 2:57 pm
ByAdministrator
Views104

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, semakin meningkatkan mutu pendidikannya. Terbaru, Pada Kamis (11/8), SHB telah menerima akreditasi B untuk jurusan Diploma Keperawatan. Capaian ini semakin memperbaiki akreditas jurusan Diploma Keperawatan yang sebelumnya meraih akreditasi C.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Diploma Keperawatan SHB, Murniati, SKep, MKep mengatakan, akreditasi tersebut diberikan langsung oleh tim visitasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Dia menuturkan, tim visitas LAM-PTKes menilai tujuh hal.

"Tujuh hal itu merupakan standar yakni visi dan misi, tata pamong, lulusan dan kemahasiswaan, Sumber Daya Manusia (SDM), kurikulum, sarana dan prasarana, penelitian pengabdian masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam tujuh hal itu dinilai oleh LAM-PTKes sudah cukup baik. Pasalnya, dalam menilai tim visitas langsung mendatangi SHB. Selama tiga hari mulai dari tanggal 16 hingga 18 Juni lalu, melihat seluruh standar penilaian tersebut. Hasilnya SHB meraih total nilai 337 yang sudah cukup masuk dalam akreditasi B.

"Tim visitas ini langsung datang dari Jakarta yang terdiri dari dua orang asesor asal Universitas Padjajaran (Unpad) dan Politeknik Kesehatan Semarang," terang dia.

Murniati sangat bersyukur atas capaian ini. Meski begitu kata dia, tim visitas tetap memberikan beberapa saran. Tujuannya agar kedepan SHB mampu mempertahankan dan meningkatkan akreditasi dengan memperbaiki kekurangan yang masih ada.

"Saran itu kita tampung sebagai bahan evaluasi agar kedepan, karena penilaian akreditasi akan rutin dilakukan tiap lima tahun sekali," imbuh Murniati.

Melihat capaian ini lanjut dia, sangat memberikan dampak yang positif kepada SHB. Terutama bagi lulusan SHB. Sebab menurut dia, capaian akreditasi B akan semakin memudahkan lulusan saat mencari pekerjaan. Selain tentunya akan semakin dipercaya oleh masyarakat SHB sebagai institusi pendidikan yang berkualitas.

"Sekarang sudah cukup banyak perusahaan mempersyaratkan institusi pendidikan berakreditasi B," kata dia.

Dia juga menuturkan, jurusan SHB seluruhnya yakni jurusan Sarjana Ners, dan Diploma Bidan sudah meraih akreditasi B. Sehingga, capaian ini menjadi prestasi, karena SHB telah berhasil mencapai seluruh jurusannya berakreditasi B. (rez)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu