S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date11 April 2016 12:06 pm
ByAdministrator
Views58



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

D3 Kebidanan Gelar Ujian Osca

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Program D3 Kebidanan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) menggelar Ujian Osca, Kamis (31/03) lalu. Ujian Osca sendiri menjadi salah satu ujian akhir yang akan menjadi salah satu syarat untuk kelulusan para mahasiswi program D3 Kebidanan.

Ujian Osca sendiri dilakukan oleh mahasiswa semester akhir yang ingin segera lulus. Osca ini sendiri merupakan bagian dari Ujian Akhir Program (UAP) yang dilaksanakan sebelum mahasiswa Kebidanan lulus .

Dalam ujian Osca ini mahasiswa diuji kemampuannya dalam beberapah hal yang berkaitan dengan dunia kebidanan. Sistem ujian yang diterapkan D3 Kebidanan yaitu dengan menyediakan tujuh stase, dalam setiap stase ini lah terdapat persoalan yang berbeda yang harus dihadapi para mahasiswi. Namun pada dasarnya ada tujuh point yang diujikan, beberapa poin tersebut adalah, Hamil, Bersalin, Bersalin Patogis, Nifas, Bayi batru lahir (BBL), KB, Persiapan alat dan beberapa hal lainnya.

Dalam Osca kali ini tercatat ada 97 mahasiswi yang mengikuti Osca. Tentu saja, untuk mengikuti ujian ini, mahasiswa harus sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Seperti tidak adanya nilai D dan E dalam mata kuliah apapun, memenuhi syarat administrasi dan beberapa syarat lainnya.

Di ujian Osca ini menjadi tempat bagi para mahasiswi untuk menunjukkan skill mereka yang sudah dipelajari sebelumnya di kampus yang terbagi dalam berbagai mata kuliah. Koordinator Ujian, Maya Safitri SST M Kes, menjelaskan D3 kan menjadi program yang lebih banyak praktiknya ketimbang teorinya dengan perbandingan 60 persen/40 persen. Maka dari itu salah satu ujian yang menjadi penentu adalah Osca ini, ujian yang menuntut mahasiswi mengeluarkan dan mempraktikan skill yang sudah dipelajari.

"Setelah lulus kan nanti mahasiswi akan langsung terjun ke lapangan, jadi skill menjadi prioritas kami," ujar Maya saat ditemui disela ujian.

Maya juga mengungkapkan, Kami dari pihak dosen maupun instansi tentu mengharapkan bisa menghasilkan luaran yang terbaik untuk bisa ikut dalam berkontribusi di dunia kesehatan dan bisa mengangkat almamater nantinya. (stw)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu