S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date27 March 2017 2:12 pm
ByAdministrator
Views54

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Cegah Stroke Berulang Sejak Dini

Date27 March 2017 2:12 pm
ByAdministrator
Views54

Cegah Stroke Berulang Sejak Dini. Oleh : Adiratna Sekar Siwi, S.Kep.Ns *)


Stroke adalah salah satu penyakit penyebab kematian paling banyak di seluruh dunia. Penyakit ini terjadi karena terdapat gangguan pada pembuluh darah di otak baik karena pecah atau terdapat sumbatan.  Di Indonesia saja Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mencatat pada tahun 2013 stroke menyerang sekitar 12 orang per 1000 penduduk, angka ini meningkat dari data terakhir pada tahun 2007 sebesar sekitar 8 orang per 1000 penduduk.

Stroke telah bertanggung jawab sebagai penyebab kematian utama di seluruh Rumah Sakit di Indonesia sebesar 14,5 persen. Pasien yang selamat setelah serangan stroke memiliki peluang tinggi mendapatkan serangan stroke yang berulang hingga 17 % pada 90 hari setelah stroke pertama, dengan risiko terbesar terjadi pada satu minggu pertama. American Heart Association menjelaskan bahwa pasien yang mengalami stroke berulang memiliki risiko lebih besar mengalami kecacatan dan kematian. National Stroke Association memberikan beberapa panduan untuk mencegah terjadinya stroke berulang.

Tips mencegah stroke berulang :

1. Stop merokok
Rokok dapat meningkatkan peluang terjadi stroke berulang hingga dua kali lipat. Di Amerika Serikat rokok menjadi penyebab utama kematian dan disabilitas pada pasien dewasa. Ketika Anda berhenti merokok, Anda sudah menurunkan risiko mengalami stroke berulang secara signifikan.

2. Kendalikan darah tinggi.
Tekanan darah yang tinggi adalah salah satu faktor risiko terpenting yang dapat dikendalikan. Pasien dengan tekanan darah yang tinggi memiliki risiko hingga satu setengah kali lebih besar mengalami stroke berulang. Diet rendah garam dan banyak mengkonsumsi sayur dan buah dapat membantu kita mengendalikan tekanan darah.

3. Perhatikan obat.
Mengkonsumsi obat sesuai resep bagi pasien pasca stroke adalah hal yang sangat penting. Penelitian menunjukan bahwa hamper 25%pasien pasca stroke cenderung tidak disiplin mengkonsumsi obatnya dan berakibat meningkatnya risiko terjadi stroke berulang.

4. Kendalikan kolesterol
Kolesterol jahat atau yang dikenal juga dengan istilah low-density lipoproteins (LDL) dapat meingkatkan risiko terjadinya sumbatan di pembuluh darah otak. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan mengkonsumsi buah dan sayur dapat membantu mengendalikan kolesterol jahat pada darah. Mengganti metode pengolahan makanan dari menggoreng menjadi merebus atau memanggang juga dapat membantu membatasi kolesterol pada tubuh.

5. Kendalikan gula darah.
Pasien pasca stroke yang memiliki riwayat diabetes mellitus (kencing manis) memiliki peluang hingga dua kali lipat mengalami stroke berulang jika tidak mengendalikan gula darahnya dengan baik. Melakukan aktifitas fisik dan membatasi asupan garam, lemak, serta gula dapat membantu mengendalikan gula darah pasien. Pola makan dengan porsi sedikit dengan kombinasi sayur, buah, dan makanan berserat juga sangat diperlukan.

6. Diet yang sehat
Makanan yang harus dihindari antara lain adalah makanan yang berkalori tinggi, mengandung lemak jenuh dan berkolesterol tinggi. Makanan yang bagus untuk dikonsumsi antara lain sayuran hijau, buah-buahan, dan susu kedelai.

7. Berolahraga dengan teratur
Penelitian menunjukan bahwa olahraga sebanyak lima kali dalam seminggu dapat menurunkan terjadinya stroke berulang. Pastikan anda berkonsultasi dahulu dengan dokter terkait aktifitas yang dapat dilakukan.

Mencegah stroke yang berulang sangat penting dan membutuhkan dukungan yang baik dari keluarga. Dengan bersikap bijak dalam mengatur asupan nutrisi dan gaya hidup, pasien dapat terhindar dari serangan stroke berulang yang dapat berdampak lebih buruk mulai dari kecacatan atau bahkan kematian. Semoga bermanfaat.

*) Dosen Stikes Harapan Bangsa Purwokerto


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu