S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date17 June 2017 9:40 am
ByAdministrator
Views76



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Cara Mengurangi Nyeri Disminor

Cara Mengurangi Nyeri Disminor
Oleh : Atun Raudotul Ma’rifah S Kep Ns M Kep *)

Pertanyaan : 
Assalamu’alaikum wr.wb. Pengasuh rubrik konsultasi yang saya hormati, Setiap saya haid/menstruasi saya merasakan sakit diperut sampai ke pinggang. Sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana mengurangi rasa nyerinya? Terimakasih.

Mita, Banyumas

Jawwaban : 

Waalaikumsalam, Mita.
Nyeri yang Mita alami disebut dismenore. Dismenore merupakan nyeri perut karena kram rahim yang terjadi selama menstruasi. Dismenore primer (tidak ditemukan penyebabnya) sering terjadi, kemungkinan lebih dari 50% wanita mengalaminya dan 15% di antaranya mengalami nyeri yang hebat.

Biasanya dismenore primer timbul pada masa remaja, yaitu sekitar 2-3 tahun setelah menstruasi pertama. Nyeri pada dismenore primer berasal dari kontraksi rahim yang dirangsang oleh prostaglandin. Nyeri dirasakan semakin hebat ketika bekuan atau potongan jaringan dari lapisan rahim melewati serviks (leher rahim), terutama jik asaluran serviksnya sempit. Faktor lainnya yang bisa memperburuk dismenore adalah rahim menghadap kebelakang (retroversi), kurang berolahraga, strespsikis atau stressosial. Dismenoresekunder (yang disebabkan kelainan kandungan), lebih jarang ditemukan dan terjadi pada 25% wanita yang mengalami dismenore.

Penyebabnya dapat bervariasi yaitu endometriosis, peradangan tuba faiopii, perlengketan abnormal antara organ di dalam perut dan pemakaian kontrasepsi IUD. Dismenore sekunder biasanya mulai timbul pada usia 20 tahun.Dismenore yang banyak dirasakan wanita yaitu nyeri pada perut bagian bawah, dapat menjalar kepunggung bagian bawah dan tungkai. Nyeri dirasakan sebagai kram yang hiiang-timbul, sesaat sebelum atau selama menstruasi dan mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan setelah 2 hari akan menghilang. Pada beberapa kasus dapat disertai sakit kepala, mual, sembelit atau diare dan sering buang air kecil.

Beberapa Tips untuk Mengurangi Keluhan Dismenore Primer yaitu : 

1. Mengurangikonsumsi kopi.
2. Tidak merokok maupun minum alkohol.
3. Mengurangi konsumsi garam dan memperbanyak minum air putih.
4. Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, karena kalsium diduga dapat meringankan kram.
5. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.
6. Lakukan pengompresan dengan handuk panas atau botol air panas pada perut atau punggung bawah atau mandi dengan air hangat
7. Olahraga mampu meningkatkan.produksi endorphin otak yang dapat menurunkan stress  sehingga secara tidak langsung juga mengurangi nyeri
8. Beberapa posisi senam dapat menghilangkan kram, salah satunya peregangan kucing, yang  berupa posisi merangkak, kemudian mengangkat punggung keatas setinggi-tingginya. Posisi lainnya adalah berbaring dengan lutut ditekuk, kemudian angkat panggul dan bokong, bisa juga dengan posisi janin, yaitu menarik lutut kearah dada sambil memeluk bantal atau botol berisi air hangat di perut.
9. Melakukan aktivitas sehari-hari yang ringan juga membantu melupakan rasa sakit.
10. Cukup tidur, karena kurang tidur menyebabkan kelelahan sehingga lebih sensitif terhadap sakit.

*) Dosen Keperawatan Maternitas STIKes Harapan Bangsa Purwokerto


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu