S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date30 April 2016 1:30 pm
ByAdministrator
Views97

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Cara Makan Buah yang Benar

Date30 April 2016 1:30 pm
ByAdministrator
Views97

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi buah secara teratur. Bila dimakan dengan cara yang benar, maka buah akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah kaya akan serat, vitamin, mineral dan yang terpenting. Buah merupakan alat untuk detoksifikasi dan penyedia gula alami. Makan 3 porsi buah setiap hari bisa membersihkan tubuh dari racun dan membantu sistem pencernaan.

Makan buah setiap hari memang akan membuat kita sehat. Tetapi, ada saat yang tepat untuk makan buah-buahan. Disarankan bagi kita untuk memakan buah setidaknya 20 – 30 menit sebelum makan. Ini disebabkan karena buah-buahan mengandung gula, sehingga butuh banyak waktu untuk mencernanya. Jika kamu makan buah-buahan sebelum atau setelah makan, maka akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga banyak nutrisi penting dari buah yang akan terbuang percuma karena lamanya proses pencernaannya. Makan buah setelah makan hanya akan membuat penyerapan tubuh atas fruktosa akan lebih lambat, sehingga apabila dipaksa makan buah maka perut akan terasa begah akibat keluarnya asam di dalam perut. Hal ini juga yang memicu seseorang mengalami diare atau sakit perut.

Oleh karena itu disarankan, buah-buahan sebaiknya dimakan beberapa menit sebelum makan besar. Karena, terbiasa makan buah sesaat sesudah makan, atau salad buah yang disajikan setelah makan, akan menambah banyak gula di tubuh.

Kapan Waktu Makan Buah yang Baik dan Benar?

Buah harus dimakan dua puluh atau tiga puluh menit sebelum makan. Memakan buah sebelum makan juga membantu mengurangi berat badan, karena membuat merasa lebih kenyang. Namun jika kamu ingin makan buah setelah makan, maka kamu harus menunggu setelah tiga jam, yaitu setelah makanan tercerna dengan baik di dalam tubuh. Makan buah sebelum makan juga baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, karena perut cepat merasa kenyang. Tapi untuk orang dengan penyakit tertentu seperti radang lambung atau maag, sebaiknya makan buah sesudah makan agar tidak menaikkan asam lambung.

Makan buah sebelum sarapan
Cobalah makan buah di pagi hari. Hal ini membantu untuk meningkatkan gula darah secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Tubuh tidak mendapatkan makanan apapun selama delapan atau tujuh jam waktu tidur, maka disarankan untuk makan buah-buahan setiap pagi, yakni sebelum sarapan. Hal ini membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Makan buah-buahan yang sehat setiap pagi pada saat perut kosong atau sebelum sarapan, akan membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi penting yang diperlukan yang ditemukan dalam buah-buahan.

Hindari makan buah bersama dengan makanan lain
Hindari memakan buah-buahan sebagai lauk atau bersamaan dengan makanan. Demikian juga, makan buah sebagai pencuci mulut tidak akan memberikan hasil terbaik bagi tubuh.

Buah segar jauh lebih baik
Buah-buahan memang kaya akan serat dan berbagai macam vitamin. Namun tidak demikian dengan buah kalengan, buah beku, atau buah yang telah diproses. Buah yang seperti ini umumnya sangat tinggi kandungan gula, pengawet, atau bahan kimia tambahan lainnya yang bisa membahayakan tubuh, sehingga tidak dianggap sebagai buah yang sehat.

Makan buah dalam keadaan perut kosong
Waktu terbaik makan buah justru saat perut sedang kosong. Makan buah dalam keadaan perut kosong akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Buah akan menjadi detoks yang efektif untuk tubuh dan semua nutrisi yang dikandung buah dapat terserap dengan maksimal.

Makan buah saat sebelum berolahraga
Waktu lain yang disarankan untuk makan buah adalah 1 jam sebelum kamu berolahraga. Buah akan menjadi suntikan nutrisi yang baik dan meningkatkan energi tubuh tanpa membuat kamu merasa kekenyangan atau mual.

Makan buah sebelum atau sesudah makan makan siang
Makan buah 1 jam sebelum makan siang atau 2 jam setelah makan siang, agar benar-benar terserap secara maksimal oleh tubuh. Mengonsumsi buah sesudah makan siang ini akan membantu kamu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh.

Demikian artikel mengenai cara makan buah yang baik dan benar sebelum dan sesudah makan, semoga bermanfaat ya. (Martyarini Budi S)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu