S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Date17 May 2018 2:03 pm
ByAdministrator
Views57
PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Berikan Pelatihan Pijat Bayi


Date17 May 2018 2:03 pm
ByAdministrator
Views57

PURWOKERTO - Masa bayi adalah masa emas dan masa kritis perkembangan. Masa emas karena berlangsung sangat singkat namun kritis karena sangat peka dengan lingkungan. Hal ini hg membutuhkan stimulasi agar tumbuh kembang berlangsung optimal. 

Hal ini membuat STikes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto melakukan pengabdian masyarakat (Pengabmas) pijat bayi untuk optimalisasi tumbuh kembang balita. Fasilitator Pengabmas, Susilo Rini SST M.Kes mengatakan perkembangan pada bayi ditinjau dari empat aspek yakni motorik kasar, motorik halus, personal dan bahasa yang melibatkan otot-otot besar. "Sehingga selain nutrisi yang bagus juga butuh stimulasi, stimulus dapat berupa stimulus taktil salah satunya adalah pijat bayi," katanya.

Menurutnya, pijat mampu merangsang otot-otot tulang dan sistem organ agar berfungsi maksimal. Pijat, lanjut Rini merupakan terapi sentuh tertua yang diyakini oleh para dokter di China pada masa dinasti Tang sebagai salah satu dari 4 teknik pengobatan penting. "Seiring perkembangan iptek para pakar ilmu kesehatan modern telah membuktikan secara ilmiah tentang manfaat pijat pada bayi," lanjutnya.

Rini mengatakan, kegiatan pemberian materi pijat dilakukan di Klinik Momby Purwokerto. Hal ini lantaran adanya temuan 40% klien dengan keterlambatan tumbuh kembang setelah dikaji dengan test  Denver development screening test (DDST) 2. "Hasil wawancara kepada orangtua bayi mengatakan tidak mengetahui tanda keterlambatan tumbang secara dini serta belum mengetahui manfaat pijat bayi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya," katanya.

Pemberian materi pemijatan dilakukan dengan cara memberikan tata cara pijat dengan media boneka. "Dengan cara ini tujuannya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang cara mengenali keterlambatan tumbuh kembang pada bayi dan meningkatkan ketrampilan orangtua dalam memberikan stimulasi denga pijat bayi untuk mengoptimalkan tumbang buah hatinya," pungkasnya. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu