S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date4 June 2018 10:11 am
ByAdministrator
Views84

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Beri Pengetahuan Penanganan Demam Anak


Date4 June 2018 10:11 am
ByAdministrator
Views84

PURWOKERTO -  Menjaga kesehatan anak menjadi perhatian khusus, terutama saat penggantian musim yang umumnya disertai dengan berkembangnya berbagai penyakit. Kondisi anak dari sehat menjadi sakit, mengakibatkan suhu yang disebut demam (hipertemi).

Demam harus ditangani dengan benar agar terjadinya dampak negatif menjadi minimal. Terkait hal itu, STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto mengadakan pengabdian masyarakat dengan memberikan pengetahuan orang tua tentang demam di Puskesmas 1 Kembaran.

Kegiatan ini diikuti 60 ibu yang berada di lingkungan sekitar. "Pengetahuan tentang pengetahuan tentang demam wajib dikuasai dengan baik oleh orang tua terutama ibu", kata Koordinator Pelatihan Demam pada Anak, Etika Dwi Cahyaningrum, S.ST, M.Kes

Menurutnya, dari hasil penelitian menunjukan, terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang demam dengan pengelolaan demam pada anak. "Ibu  dengan tingkat pengetahuan rendah memiliki resiko 7 kali lebih besar untuk melakukan pengelolaan demam yang buruk daripada ibu dengan tingkat pengetahuan yang tinggi", kata Etika.

Etika menjelaskan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam penanganan demam pada anak. "Orang tua dapat melakukan penanganan demam  secara mandiri dengan terapi non farmakologi seperti kompres hangat dan kompres bawang merah", jelasnya.

Dia mencontohkan, penanganan demam secara umum meliputi istrihatkan anak pada ruangan yang tidak terlalu panas dan berfentilasi baik (jangan arahkan kipas angin langsung ke tubuh anak), bebaskan dari pakaian atau selimut tebal, dan beri cairan lebih banyak (air putih, jus buah, kuas sayur).

Cara melakukan kompres hangat adalah basahi kain waslap dengan air hangat (37-40 o C), peras, kemudian letakkan pada lipatan ketiak dan lipatan paha.

Adapun cara melakukan kompres bawang merah adalah menghaluskan bawang merah 4-5 siung (25 gram) ditambah minyak kelapa 1 sendok, kemudian ditempelkan pada ubun-ubun, punggung, perut, tangan dan kaki. Selanjutnya pembaluran dapat dilakukan 2-3 kali sehari. (ali)

 


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu