S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date28 April 2017 10:35 am
ByAdministrator
Views43



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Bangun Pengabdian Masyarakat Melalui Penkes

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — STIKes Harapan Bangsa (SHB) terus membangun upaya pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan kesehatan (penkes). Sebagai institusi pendidikan yang memiliki keunggulan pada komunitas, disetiap mata kuliahnya,  dosen SHB menerjunkan mahasiswanya untuk memberikan penkes di komunitas.

    Dosen sekaligus Kaprodi D3 Keperawatan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Atun Raudotul Marifah, S Kep Ns M Kep mengatakan, sebanyak 24 mahasiswa D3 keperawatan semester 4 yang terbagi menjadi 2 kelompok dibawanya untuk memberikan penkes kepada warga RT 4 RW 5 Perumahan Saphire Karangwangkal, Desa Tambaksari Kidul, Minggu (9/4).

    "Kalau dilihat dari letaknya, sebenarnya Kampus Stikes Harapan Bangsa Purwokerto dan Saphire berada dalam 1 kecamatan yang sama. Jadi penkes ini termasuk salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat," katanya.

    Atun menjelaskan, karena anemia pada ibu hamil dan ibu hamil pre eklamsi banyak terjadi di Indonesia maka penkes yang diberikan itu juga mengupas seputar ibu hamil dengan anemia dan pre eklamsi runtut mulai dari pengertian, penyebab, tanda gejala hingga pencegahan beserta penanganannya.

    "Ibu hamil dengan pre eklamsi tanda-tandanya tekanan darahnya tinggi, proteinuria dan edema atau terjadi bengkak-bengkak pada kaki," terang dia. 

    Adapun salah satu tujuan mulia dari penkes ialah untuk menyebarluaskan ilmu yang telah didapat mahasiswa kepada masyarakat luas. Dengan respon yang menyenangkan dan antusiasme yang sangat baik dari masyarakat diharapkan mahasiswa rajin mengadakan kegiatan-kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat seperti penkes.

    "Yang memberikan penkes cukup dua mahasiswa sebagai perwakilan setiap kelompok. Meskipun demikian, teman-temannya yang lain tetap wajib untuk datang," tutup Atun. (yda/bdg) 

        


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu