S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date20 February 2017 3:06 pm
ByAdmin is trator
Views25


Info Kesehatan

Apa Itu Morning Sickness?

Apa Itu Morning Sickness?

Tanya : Bu Bidan, apa sebenarnya yang dimaksud dengan morning sickness??
Jawab : Morning sikness merupakan gejala umum dari kehamilan yang ditandai dengan mual dan muntah sesekali. Meskipun namanya morning sickness namun tidak serta merta keluhan terjadi hanya di pagi hari, melainkan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada setiap saat sepanjang hari.

Tanya : Apakah morning sickness berpengaruh pada bayi?
Jawab : Morning sickness tidak akan mempengaruhi bayi Anda, asalkan anda tetap dapat makan dan minum. Bahkan dalam kasus yang sangat parah, morning sickness tidak akan menyebabkan kerusakan apapun, asalkan segera ditangani.

Tanya : Apa saja nutrisi yang penting bagi ibu hamil?
Jawab : Nutrisi yang penting pada trimester pertama kehamilan Anda adalah asam folat. Anda dapat mengkonsumsi multivitamin kehamilan yang mengandung 10 mikrogram (mcg) vitamin D dan 400 mcg asam folat.

Tanya : Mengapa seorang ibu mulai sering menderita morning sickness (mual dan muntah pada saat hamil)?
Jawab : Penyebab pasti dari morning sickness tidak diketahui secara pasti, tetapi diduga 
berhubungan dengan hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dan estrogen. Kadar tingkat hCG yang baik dalam tubuh anda memastikan bahwa kehamilan terus berkembang dan bertahan. Tingkat hCG cenderung akan menurun pada sekitar 16 sampai 20 minggu usia kehamilan, sehingga rasa sakit juga umumnya akan hilang.

Tanya : Berapa lama morning sickness bertahan?
Jawab : Morning sickness biasanya dimulai pada awal kehamilan dan mencapai puncaknya pada sekitar usia kehamilan sembilan minggu. Penyakit ini biasanya mulai mereda menjelang akhir trimester pertama dan akan hilang sepenuhnya pada sebagian besar wanita apabila usia kehamilan sudah menginjak usia ke 16 hingga 20 minggu.

Tanya : Bagaimana cara mengatasi morning sickness?
Jawab : Mengubah pola makan Anda, pengobatan pribadi dan solusi alami seperti jaheatau akupresur dapat membantu. Makan sedikit tapi sering, pertahankan setiap hari ada asupan makanan dalam tubuh. Jika makin memburuk, temui dokter segera mungkin.

(Diasuh oleh Prasanti Adriani, SSiT MKes-tim konsultasi STIKES Harapan Bangsa Purwokerto)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu