S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date10 March 2018 10:21 am
ByAdministrator
Views70



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Sosok

Ambil Tesis Tentang Salat - Tophan Heri Wibowo SKep Ns MAN

Dosen S1 Keperawatan STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, Tophan Heri Wibowo SKep Ns MAN, memiliki pengalaman unik saat studi S2 di di Arellano University, Manila, Filipina. Pengalaman menarik yang dialaminya saat mengambil thesis tentang salat sebagai judulnya.

"Padahal saat itu semua dosen pembimbing maupun penguji non muslim, jadi ketika ujian proposal dan ujian hasil harus menjelaskan secara detail tentang salat, sampai gerakan-gerakannya," kata pria yang hobi snorkling ini.

Menurut dia,  tidak selamanya berada di luar negeri lebih menyenangkan dan dapat memberikan rasa nyaman dibandingkan dengan tinggal di Indonesia.

"Jujur saja kurang betah. Lingkungannya lebih kumuh dibandingkan Jakarta. Bangunan-bangunannya pun tidak lebih bagus dibandingkan dengan bangunan di Indonesia. Yang membuat kurang nyaman, akses beribadah sebagai seorang muslim di sana tidak semudah di Indonesia," ungkapnya.

Meskipun demikian, Tophan mengakui kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Filipina lebih unggul dibandingakan Indonesia. Ketika mengikuti pelatihan-pelatihan di Manila pun, sertifikat yang didapatkan peserta merupakan sertifikat tingkat internasional.

"Tingkat kejahatan di Manila pun ternyata masih lebih rawan. Dengan segala ketidaknyamanan tersebut justru saya jadikan sebagai pelecut motivasi untuk secepatnya menyelesaikan kuliah dan kembali ke Indonesia," imbuh dia. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu