S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Date4 June 2018 10:34 am
ByAdministrator
Views66
PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Ajarkan Mata Kuliah Farmakologi


Date4 June 2018 10:34 am
ByAdministrator
Views66

PURWOKERTO - Untuk mengetahui respon tubuh terhadap obat dan obat terhadap tubuh (efek dan nasib obat dalam tubuh), STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto memiliki mata kuliah Farmakologi Dasar.

Dosen Farmasi SHB Purwokerto, Rani Prabandari M.Farm Apt mengatakan, mata kuliah ini mempelajari tentang dasar farmakologi, farmakokinetika, dan farmakodinamika. Selain itu mempelajari pula tentang bentuk sediaan obat, cara pemberian obat, rute pemberian obat, dosis obat dan perhitungan/penyesuaian dosis, frekuensi dan interval pemberian. 

Menurut Rani, praktikum farmakologi dibagi menjadi empat kelas. "Jadi satu golongan masuk praktikum 17-18 mahasiswa, dari  seluruhnya sebanyak 69 mahasiswa di semester 2", jelasnya.

Untuk kegiatan praktikum dilaksanakan setiap minggu. "Satu semester delap kegiatan praktikum", paparnya. Dia mengatakan, Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya, baik sifat kimiawi maupun fisikanya, kegiatan fisiologi,  resorbsi, dan nasibnya dalam organisme hidup.

"Obat didefinisikan sebagai senyawa yang digunakan untuk mencegah, mengobati, mendiagnosis penyakit atau gangguan, atau menimbulkan kondisi tertentu", paparnya. Menurut dia, cara pemberian obat turut menentukan kecepatan dan kelengkapan resorpsi. Tergantung dari efek yang diinginkan, yaitu efek sistemis (diseluruh tubuh) atau efek lokal (setempat), keadaan pasien dan sifat-sifat fisikokimiawi obat dapat dipilih banyak cara untuk memberikan obat.

Mata kuliah ini terdiri dari beberapa topik, mulai dari pengenalan hewan uji, analisis efek farmakokinetik suatu obat (cakupan : absorbsi, metabolisme obat) dan efek farmakodinamik obat yang meliputi efek diuretic, efek analgetik, efek anti inflamasi, dan efek sedasi obat, yang semuanya diamati pada hewan uji. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu