S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date12 May 2016 1:31 pm
ByAdministrator
Views44



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Ajak Warga Berantas Sarang Nyamuk

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Mahasiswa STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) yang tergabung dalam Mahasiswa Keperawatan Komunitas dan Keluarga (PKKK) mengadakan kegiatan Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Kemangkon Kecamatan Kemangkon, Purbalingga Minggu, (6/5).

Ketua PKKK, Surasno S Kep mengatakan, kegiatan PSN merupakan salah satu dari rangkaian program yang diagendakan oleh Mahasiswa PKKK di desa Kemangkon. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa sudah terlebih dulu melakukan pengkajian ke desa yang mencakup empat aspek yaitu, kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan pendidikakan.

Surasno juga mengungkapkan ,PKKK ini bertujan untuk terus meningkatkan kesadaran warga terkait kebersihan lingkungan yang belum maksimal. Kegiatan PSN itu merupakan program yang cukup penting dari beberapa kegiatan yang sudah diagendakan. program PSN ini dilakukan pada daerah yang sudah dikaji terlebih dahulu, yang membutuhkan beberpa dukungan dari SHB. Seluruh wilayah di Desa Kemangkon menjadi tempat yang dituju mahasiswa PKKK. kegiatan PKKK ini sendiri dibagi dalam tiga periode. Periode pertama dilakukan di Dusun I Desa Kemangkon pada Jumat, (29/4), dilanjutkan periode ke dua dilakukan di Dusun III Desa Kemangkon pada Minggu, (1/5), sedangkan periode terakhir dilakukan pada hari Jumat, (6/5).

Mahasiswa SHB mengecek Jentik Nyamuk

Cek Jentik Nyamuk: Mahasiswa STIKES Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) yang tergabung dalam PKKK sedang mengamati jentik nyamuk di salah satu rumah warga

Program PSN dilakukan dengan metode 3M Plus, menguras, menutup, mengubur, dan abatisasi. Selain melakukan program 3M plus, pada kegiatan ini juga dilakukan pemantauan jentik Berkala (PJB) dengan menggunakan lembar observasi PJB yang disediakan oleh PUSKESMAS Kecamatan Kemangkon. Program PSN melibatkan semua Mahasiswa PKKK SHB, Kader PKK dan Posyandu yang ada di Desa Kemangkon, kegiatan ini juga didukung oleh PUSKESMAS Kecamatan Kemangkon.

Pelaksanaan program PSN yang dilakukan di tiga dusun ini menghasilkan beberapa hasil seperti, ditemukan adanya jentik-jentik nyamuk, kebanyakan ditemukan di sumur yang tidak terpakai, genangan air di tanah, di penampungan air hujan, ember bekas, dan di batok kelapa yang tidak terpakai. Mahasiswa PKKK dan pihak desa langsung menindak lanjuti penemuan jentik-jentik nyamuk dengan penebaran bubuk obat abate, mengubur barang bekas dan batok kelapa yang menjadi tempat genangan air, menguras penampungan air yang terdapat jentik-jentik nyamuk.

"Mahasiswa juga memberikan Pendidikan Kesehatan (Pemkes) kepada warga tentang PSN secara lisan, yang melengkapi pengetahuan masyarakat tentang PSN," pungkas Surasno.(stw)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu