S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date21 June 2016 2:03 pm
ByAdmin is trator
Views21


Berita SHB

Ajak Anak-anak Berperilaku Hidup Sehat

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Kesehatan menjadi modal utama untuk beraktifitas. Namun kadangkala masyarakat kerap mengabaikan hal ini dengan perilaku hidup yang kurang baik, serta kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan. Masalah seperti ini sering kali dijumpai di masyarakat desa. Untuk mengatasi hal tersebut, STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) ikut terjun merangkul masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

Salah satu bentuk praktik dukungan yang dilakukan adalah kegiatan praktik keperawatan komunitas yang dilakukan oleh para mahasiswa program studi Profesi Ners di MI Soka, Bumiayu belum lama ini. Kegiatan ini menyasar pada wali murid dan siswa siswi yang berjumlah 45 orang.

Sumarno S Kep selaku penyuluh kegiatan menyampaikan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat pada anak-anak. Anak-anak menjadi periode usia yang harus diperhatikan kesehatannya. Aktifitas anak yang banyak dilakukan di luar rumah, membuat anak harus berintraksi dengan benda atau orang lain.

"Anak kan suka bermain di segala tempat yang belum tentu bersih jadi harus diberi pengetahuan lebih terkait kesehatan," imbuhnya.

Bersama mahasiswa, praktik perilaku hidup sehat dan bersih dilakukan, seperti menggosok gigi dengan cara yang benar, cara mencuci tangan dengan benar dan perilaku membuang sampah pada tempatnya. Penyampaian yang atraktif membuat anak-anak menikmati penyuluhan itu.

Dalam penyuluhan kali ini juga hadir para wali murid. Sumarno mengatakan, peran orang tua akan sangat penting dalam menanamkan perilaku hidup sehat dan bersih pada anak. Kehadiran orang tua murid ini sangat diharapkan bisa mempraktikkan perilaku hidup sehat dan bersih di rumahnya. Orang tua yang sudah mendapat pengetahuan tentang perilaku hidup sehat tentu akan lebih berhai-hati dalam mengawasi perilaku anak di kesehariannya.

"Saat orang tua bisa mendidik anak dengan perilaku hidup sehat dari kecil tentu bisa membuat anak tidak mudah sakit, dan dari peluang tersebut maka anak bisa meningkatkan aktifitas, belajar sampai prestasi," ujar Sumarno.

Sementara Reni Dwi selaku pembimbing kegiatan mengatakan, SHB akan gencar melakukan penyuluhan kesehatan komunitas, hal ini pula yang sangat digencarkan oleh SHB dengan meningkatkan pelayanan kesehatan pada komunitas.

"Kami akan terus melakukan hal ini dengan sasaran komunitas di pedesaan demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat," pungkasnya. (stw)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu