S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date30 August 2016 3:32 pm
ByAdmin is trator
Views28


Berita SHB

72 Mahasiswa SHB Akan Mengikuti PKMD

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Mahasiswa Prodi Diploma Kebidanan STIKes Harapan Bangsa (SHB) pada Senin (22/8) lalu, mengikuti pembekalan Pembangunan Masyarakat Desa (PKMD). Kegiatan pembekalan ini diikuti oleh 72 mahasiswa. Tujuan kegiatan ini agar mahasiswa mampu membina kesehatan keluarga dalam komunitas.

Koordinator PKMD Wilis Sukmaningtiyas, SST, MKes mengatakan, kegiatan ini dimulai dari tanggal 22 sampai 25 Agustus. Wilis mengungkapkan, selama empat hari tersebut, mahasiswa akan dipersiapkan ketika turun ke masyarakat. Persiapan itu kata dia, seperti penekanan pentingnya etika diri dan menjaga institusi pendidikan.

"Kita ingatkan kepada seluruh mahasiswa tentang pentingnya etika untuk menjaga nama baik diri dan institusi dimata masyarakat," katanya.

Selain itu kata dia, materi pembekalan lainnya seperti mengetahui kebutuhan yang diprioritaskan dari masyarakat tersebut. Sebab menurut Wilis, mahasiswa ketika mengikuti PKMD sebagai agen yang membantu kebutuhan masyarakat. Jangan sampai mahasiswa ketika terjun ke desa, tidak mengetahui dan mampu memetakan kebutuhan yang dihadapi oleh masyarakat.

"Jadi pemetaan masalah dapat dilakukan saat pemaparan masalah bersama perangkat dan puskesmas desa yang dapat didiskusikan," imbuh Wilis.

Rencananya PKMD ini akan dilakukan di dua desa yakni di Desa Kemangkon dan Desa Majatengah. Sedangkan PKMD akan dimulai tanggal 29 Agustus hingga 24 September depan. Mahasiswa yang mengikuti PKMD pada hari pertama akan langsung dilepas agar bisa memetekana secara mandiri.

"Hari pertama akan kita lepas agar bisa membaur dan berinteraksi dengan masyarakat secara mandiri," ucapnya.

Meski demikian, Wilis menekankan supervisi PKMD akan tetap dilakukan. Supervisi ini akan dilakukan setelah ada Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dua dan ketiga. Dia menuturkan, supervisi ini akan dilakukan sebelum dua MMD dilaksanakan.

"Supervisi ini semacam evaluasi seberapa berhasilnya program yang dilaksanakan oleh mahasiswa," pungkasnya.(rez)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu