S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date20 April 2017 10:31 am
ByAdministrator
Views70

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

119 Mahasiswa Praktek Keperawatan Komunitas


Date20 April 2017 10:31 am
ByAdministrator
Views70

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Sebanyak 119 mahasiswa D3 semester 6 Stikes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto menjalani praktek keperawatan komunitas sejak 10 hingga 13 April. Mereka disebar di 2 lokasi yaitu 69 mahasiswa di Desa Karanganyar, Jatilawang dan 50 mahasiswa di Desa Sambeng Wetan Kecamatan Kembaran. Mereka didampingi oleh dosen pembimbing Madyo Maryoto S.Kep Ns MNS, Reni Dwi S, SKM M.PH dan Wasis Eko S.Kep Ns M.Ph.

"Pada saat pembukaan juga dihadiri langsung muspika, kepala puskesmas, Dinas Kesehatan Banyumas dan kepala desa setempat," kata salah satu dosen pembimbing, Madyo Maryoto S.Kep Ns MNS kepada Radarmas.

Madyo menjelaskan materi-materi yang diberikan dalam praktek tersebut ialah kebijakan pembangunan kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, profil kesehatan Puskesmas Kembaran 2, pengenalan wilayah Desa Sambeng Wetan serta penjelasan konsep asuhan keperawatan komunitas dan rencana strategi pelaksanaan praktik komunitas.

"Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas hadir ibu Fajar Triasih S.Kep Ns M.Kes," terang dia.

Dirinya menambahkan tujuan umum diadakannya praktek keperawatan komunitas diantaranya untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih kognitif, afektif, psikomotor serta kemampuan berinteraksi dengan masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah didapatkan di dalam akademik.

"Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip komunikasi terapeutik dalam memberikan asuhan keperawatan komunitas dan melakukan pengkajian keperawatan keluarga, kelompok dan komunitas hingga merencanakan serta melaksanakan intervensi keperawatan keluarga, kelompok dan komunitas," tutup Madyo. (yda/bdg)  


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu