Mahasiswa SHB Ucapkan Janji Profesi

By Hary Wicaksono - Thursday, 03 August 2017 15:51 - 282 views - Comment
Sebanyak 179 mahasiswa STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto menjalani prosesi ucap janji profesi mahasiswa atau yang dikenal Capping Day, Kamis (13/7) lalu

Sebanyak 179 mahasiswa STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto menjalani prosesi ucap janji profesi mahasiswa…


www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Sebanyak 179 mahasiswa STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto menjalani prosesi ucap janji profesi mahasiswa atau yang dikenal Capping Day, Kamis (13/7) lalu di Hotel Dominique. Ucap janji profesi sebagai agenda wajib seluruh mahasiswa tersebut berlangsung khidmat. 179 mahasiswa tersebut terdiri dari 106 mahasiswa SI keperawatan dan 73 mahasiswa D3 keperawatan.

Sebelumnya, pada pagi hingga siang harinya mereka dibekali ilmu melalui seminar bertemakan mewujudkan profesionalisme perawat melalui penerapan patient safety dan keselamatan kerja.  

Ketua panitia kegiatan Ucap janji profesi mahasiswa Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Siti Haniyah SKep NS MKep kepada Radarmas mengatakan, ucap janji profesi mahasiswa dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa setelah mendapatkan pembelajaran dari lembaga sebelum terjun langsung melakukan praktek pertama kali ke rumah sakit.

"Sebelum mengucap janji profesi mahasiswa sebagai calon perawat, mereka sudah mendapatkan semua materi. Bahkan mereka kita bekali tambahan ilmu melalui kegiatan seminar," katanya.

Hani menjelaskan, janji yang telah mereka ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa, tamu undangan yang hadir dan saudara-saudara seprofesi harus benar-benar dilaksanakan saat mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban sebagai tenaga kesehatan. 

Salah satu poin penting dalam ucap janji yang telah mereka ikrarkan yaitu mengutamakan kepentingan pasien di atas kepentingan pribadi, berlaku jujur dan senantiasa merahasiakan segala sesuatu yang diketahui tentang pasien dan keluarganya sesuai dengan peraturan pemerintah tentang jabatan.

"Mereka juga harus berlaku sabar dan setia dalam melaksanakan tugas serta membuktikan diri untuk terus mengupayakan yang terbaik untuk kesejahteraan manusia," tutup dia. (ali/bdg)




Tentang Penulis

Hary Wicaksono
Editor-in-Chief