Luncurkan Jurnal Berbasis Open Source

By Hary Wicaksono - Tuesday, 05 September 2017 15:32 - 285 views - Comment
STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto meluncurkan jurnal berbasis open source sebagai bagian dalam rangka penyelesaian publikasi baik cetak maupun online

STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto meluncurkan jurnal berbasis open source sebagai bagian dalam rangka…


www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto meluncurkan jurnal berbasis open source sebagai bagian dalam rangka penyelesaian publikasi baik cetak maupun online model Open Jurnal System (OJS).

Hal tersebut dikatakan Jurnal Manager Viva Medika, Fauziah Hanum Nur Adriyani, SST.,M.Keb yang juga dosen SHB. Ia memaparkan tentang  pentingnya pengelolaan publikasi  setiap penelitian dan pengabdian masyarakat dengan model open journal system (OJS). 

"Perangkat lunak ini secara bebas (akses terbuka) untuk meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik dalam skala global. Jadi maksudnya setiap penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan hasilnya harus diketahui oleh khalayak luas, bagaimana orang luar negeri atau orang-orang bisa tahu tentang penelitian kita jika masih memakai manual atau hard copy," katanya.

Ia menjelaskan, diluncurkannya OJs ini juga memiliki dasar hukum yakni Surat Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 : Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1/S2/S3, Permendiknas 22 Tahun 2011: Terbitan Berkala Ilmiah, SE Dirjen Dikti 212/E/T/2012: Pedoman Pengelolaan Jurnal Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik, dan SE Dirjen Dikti 1223/E/T/2012: SE Dirjen Dikti tentang Kewajiban penerbitan terbitan berkala ilmiah secara elektronik.

"Nah untuk SHB ini nama jurnalnya adalah viva medika link jurnalnya journal.shb.ac.id. Ini sudah memiliki lisensi untuk OJS (Open Journal System) sehingga legalitasnya sah. Dan artikel penelitian di dalamnya langsung ter link di Google scholar, Sinta dari Ristekdikti, Portal Garuda, dan ISJD Neo dari LIPI," terangnya.

Adapun latar belakang diluncurkannya OJS, menurutnya, adalah untuk membuka kesempatan luas untuk transfer knowledge dengan temuan temuan baru yang dipublish melalui journal. Selain itu dapat meningkatkan penulisan ilmiah di perguruan tinggi OJS dirancang untuk mengelola alur kerja jurnal, dari pengajuan naskah melalui review untuk pekerjaan editorial dan kemudian publikasi.

"Keprihatinan bahwa selama ini publikasi ilmiah dilakukan di repository tanpa adanya review yang baku. OJS memberlakukan adanya review penulisan," pungkasnya. (ali/bdg)




Tentang Penulis

Hary Wicaksono
Editor-in-Chief