Lestarikan Budaya Lokal Lewat Drama

By Hary Wicaksono - Tuesday, 13 June 2017 14:22 - 245 views - Comment
190 mahasiswa dari Prodi S1 dan D3 Keperawatan semester 2 STIKes Harapan Bangsa Purwokerto mengikuti English Drama Competition dengan tema legenda dan cerita-cerita rakyat di Indonesia

190 mahasiswa dari Prodi S1 dan D3 Keperawatan semester 2 STIKes Harapan Bangsa Purwokerto mengikuti…


www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Bertempat di Gazebo Stikes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, Rabu (24/5) sebanyak 190 mahasiswa dari Prodi S1 dan D3 Keperawatan semester 2 STIKes Harapan Bangsa Purwokerto mengikuti English Drama Competition dengan tema legenda dan cerita-cerita rakyat di Indonesia.

Kordinator English Drama Competition Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Beni Krisbiantoro kepada Radarmas mengatakan, 190 mahasiswa tersebut dibagi menjadi 16 kelompok yang di setiap kelompoknya terdiri dari 10 mahasiswa. Setiap kelompok mengambil tema dengan sistem undian. Ada yang mendapat lakon Danau Toba, Rawa Pening, Batu Menangis, Banyuwangi, Baturaden dan yang lainnya.

"Yang berhasil keluar sebagai juaranya yaitu kelompok dengan lakon Batu Menangis," katanya.

Beni menjelaskan selain sebagai ajang kompetisi, English Drama Competition juga dilangsungkan sebagai salah satu komponen penilaian pada semester 2 dengan aspek penilaian meliputi penguasaan bahasa, alur cerita, properti panggung, kostum dan musik latar serta keahlian dalam berakting.

"Tujuan lainnya tentunya sebagai sarana untuk melestarikan budaya lokal Indonesia," terang dia.

Dirinya menambahkan setelah mengikuti English Drama Competition, diharapkan ada peningkatan kepercayaan diri, keberanian dan kemampuan Berbahasa Inggris. Mengembangkan kemampuan Berbahasa Inggris baik speaking maupun writing dan meningkatkan kreativitas mahasiswa itu sendiri. 

"Mereka bisa nguri-nguri kembali budaya bangsa dan mempelajari kearifan lokal serta mengambil pelajaran dari lakon yang ditampilkan baik dari pesan moral cerita maupun penokohan dalam cerita tersebut," sambung Beni.

Penyelenggaraan English Drama Competition tahun ini menjadi yang pertama setelah pada tahun 2015 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto telah mengadakan International Cultural Day yang mengangkat budaya-buadaya negara di berbagai belahan dunia. (yda/bdg) 

      

    




Tentang Penulis

Hary Wicaksono
Editor-in-Chief